Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat Kue Sakura, Lembut Empuk Paling Enak

Cara Mudah Membuat Kue Sakura, Lembut Empuk Paling Enak

Resep kue sakura gula merah dan karamel kukus yang empuk - Assalamualaikum sobat menu resep kue, pasti kalian akan berfikir dengan nama kue ini. Apa yang kalian fikirkan ? Yang tidak lain dan tidak bukan adalah sebuah nama bunga yang berasal dari Jepang yaitu bunga sakura. Bunga yang terkenal dengan kecantikan dan keindahannya ini memang sungguh menawan. Rupanya bukan hanya bunga yang mampu memikat mata dan hati loh, salah satu jenis makanan ini juga mampu memikat mata dan juga lidah anda. Tidak percaya ? Turun dari nama bunga terciptalah nama kue yang disebut persis seperti bunga sakura, meskipun tak semirip bentuknya namun kecantikannya layak menyandang nama sakura dibelakang kue tersebut. Tekstur yang empuk dipadukan dengan gula merah ataupun karamel yang terbuat dari gula pasir akan bisa membuat lidah anda tak segan untuk mencicipinya seperti layaknya bunga.

Biasanya resep kue sakura ini banyak dicari ketika persiapan perayaan suatu agama guys, contohnya peraya an galungan yang dirayakan sebagian masyarakat di bali. Bukan di bali saja loh, disini juga seperti saya juga membuatnya hanya untuk dikonsumsi bersama keluarga dan pastinya harus ada pelengkapnya yaitu kopi hangat dan secangkir teh untuk saya. Resep kue sakura gula merah inilah yang ingin saya bahas guys, mengapa gula merah bunda ? Kenapa tidak resep kue sakura karamel saja ? Wah, sebenarnya sih sama saja guys, cuma perbedaan bahan yaitu karamel yang terbuat dari gula pasir dan gula merah terbuat dari ... ya gula merah, gimana sih hehe, sebenarnya sih gula merah terbuat dari buah aren atau kelapa juga bisa.

Baca juga: resep kue bolu gulung

Pada dasarnya pengolahan dari resep kue sakura yang merupakan keturunan dari kue bolu ini adalah dengan cara di kukus. Ada yang membuatnya tanpa telur dan ada juga yang menggunakannya. Selain gula merah, bolu sakura juga bisa di campur dengan pandan loh, jadinya hijau ijo gimana gitu nantinya. Nah untuk kue sakura pandan sama juga guys, tingga menggantikan gula merah dengan perasan pandan yang sudah direbus. Tekstur kue yang empuk nan lembut ini mengingatkan kita dengan bunga sakura guys, meskipun admin belum pernah melihatnya secara langsung hihihi. Nah, di forum ncc sebelum admin menulis ini banyak sekali bertaburan aneka resep kue sakura dengan beragam rasa dan kreasi, jika anda ingin mencobanya silahkan lihat langsung di forum ya guys.

Nah kali ini admin langsung tanpa basa basi lagi deh ya agar kalian mengetahui cara membuat kue sakura karamel itu seperti apa dan bagaimana. Eitss, kok karamel sih ? Bukannya gula merah campurannya bunda ? Ya seperti yang saya beritahukan tadi, semuanya sama dari bahan dan cara pengolahannya tetapi satu bahan yang berbeda yaitu gula merahnya diganti karamel ataupun pandan, itu guys yang menjadi pembeda antara kreasi satu dengan lainnya. Kue bolu sakura ini langsung kita eksekusi saja yuk, daripada yang baca bosen kan dengan ocehan admin hehe, berikut cara membuat kue bolu sakura yang enak. Silahkan simak dengan cermat dan teliti serta disarankan untuk langsung mempraktekkannya di dapur kesayangan masing-masing. Selamat membaca dan selamat mengolah kue cantik nan enak ini ya.

Bahan Kue Sakura

  • Margarin Blue Band 200 gram dilelehkan
  • Gula pasir 300 gram
  • Air 300 ml
  • Telur 3 butir

Baca juga aneka resep kue bolu

Bahan Ayak Kue Sakura

  • 275 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok teh soda kue, dan
  • 1 1/2 sendok teh baking powder

Cara Membuat Kue Sakura Karamel

  1. Persiapkan cetakan kue sakura, lalu oles permukaan dalam dengan mentega sampai merata dan taburi tepung terigu sedikit, lalu sisihkan.
  2. Masak gula pasir 200 gram bersama air, biar masak sampai mendidih dan angkat lalu sisihkan.
  3. Kocok telur dengan gula pasir yang masih tersisa, kocok sampai mengembang dan tuang karamel yang baru dibuat tadi lalu mixer atau kocok dengan cepat sampai merata.
  4. Kemudian campur tepung terigu, aduk lagi sampai rata dan masukkan mentega atau margarin sambil mengaduk secara pelan dan merata.
  5. Terakhir, masukkan adonan tersebut kedalam cetakan kue sakura, kira-kira 3/4 sampai 1/2 tinggi cetakan deh, agar nantinya saat mengembang tidak keluar dari batas cetakan. Kukus adonan tersebut selama kurang lebih 15 s/d 20 menit sampai matang, angkat dan keluarga kue dari cetakan, selamat menikmati.
  6. Untuk membuat dengan rasa pandan, peras dahulu pandan atau bisa gunakan pasta pandan dan untuk membuat kue sakura gula merah, anda bisa melelahkan gula merah sehingga menjadi cair dan kental lalu masukkan kedalam adonan, campur jadi satu seperti proses membuat kue sakura karamel itu guys.

Selesai sudah akhirnya resep cara membuat kue bolu sakura karamel ini guys, yang mau kue sakura gula merah dan pandan silahkan dicoba sendiri ya guys, pokoknya dan pokoknya sama semua prosesnya. Untuk hari ini cukup sampai disini dahulu ya, admin pengen istirahat dulu nih dilain kesempatan dan resep kue terbaru nantinya akan dicatat di blog ini. Jangan lupa nih sobat, dibagikan resepnya kepada teman-teman lainnya melalui facebook, twitter dan lain sebagainya sosial media yang anda miliki. Cukup sekian, terimakasih sudah membaca artikel yang mungkin bisa membantu anda dalam membuat kue yang begitu menawan ini, selamat mencoba dan wassalam.