Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat Kue Putri Ayu Yang Paling Lezat

Cara membuat kue putri ayu kukus - salah satu aneka kue basah yang satu ini mungkin telah dan sempat kamu dengar, bahkan menjadi salah satu kue idola kamu semuanya. Diawal mulanya admin sempat berbagi resep kue semprit tanpa santan yang enak, sudah ada yang mencobanya pastikan? Salah satu cookies atau kue kering dari tepung beras yang paling ternama dan mendapatkan tempat di hati tamu ketika lebaran idul fitri tiba. Dan untuk hari ini, admin kembali dapat meluangkan waktunya untuk berbagi resep kue putri ayu gula merah, di mana kue ini merupakan kue yang admin idola kan. Biasanya sih admin memakan parutan kelapanya terlebih dahulu, baru kue yang lembut nya hehe, kalau kamu bagaimana?

Sebenarnya kue putri ayu merupakan kue tradisional yang berasal dari jajanan pasar dan pastinya tidak jarang kita jumpai. Kue ini juga termasuk salah satu jenis kue basah yang lezat loh, lantaran memiliki cita rasa yang spesial tersendiri, terlebih lagi apabila diolah oleh sang ahli. Kue putri ayu pada umumnya dibuat dari bahan – bahan yang sangat alami, maka dari itu jika disantap rasa lezatnya tidak akan pernah terlupakan.

Beragam bentuk kue tradisional yang beredar luas dipasaran dalam negeri tidak terkecuali seperti kue basah, roti, kue kering dan lain sebagainya. Beragam pula dagangan kue ini biasanya diperuntukkan bagi penikmat yang sangat senang menikmatinya setiap hari bersama kopi buatan istri. Kue putri ayu yang biasa dikenal dengan putu ayu merupakan salah satu kue di pasaran yang mempunyai rasa sangat enak dan memiliki tekstur yang paling lembut. Kue basah yang tergolong kue tradisional ini biasa dijual dengan warna cerah sehingga tampilannya sangat mampu memikat pembeli untuk membeli dan kemudian menyantapnya. Warna identik dari kue ini adalah putih dan hijau dengan hiasan kelapa parut diatasnya. Kue ini dijual dengan harga yang murah loh, penyebarannya juga sangat meluas di pasar tradisional, nah maka kamu pastinya t elah mengerti banget dengan keunikan warna yang terdapat pada resep kue putri ayu ini. Oya hampir lupa, kue ini juga banyak dibuat menggunakan ketan hitam ataupun berbentuk seperti mie bihun loh bun. Daripada membaca panjang lebar tidak ada serunya bun, bagaimana kita langsung melihat bahan – bahan dan mengetahui bagaimana cara membuat kue putri ayu yang satu ini, let's go bunda.

Cara Mudah Membuat Kue Putri Ayu Yang Paling Lezat

Bahan Kue Putri Ayu

  • 4 butir telur
  • 200 ml santan
  • Vanili secukupnya
  • 200 gram gula pasir
  • 2 sendok teh garam
  • 2 sendok teh emulsifier
  • 2 sendok teh pasta pandan
  • 300 gram tepung terigu diayak
  • Kelapa parut ditambah 2 sendok teh garam sebagai hiasan
  • Minyak goreng secukupnya untuk mengoles cetakan

Cara Membuat Kue Putri Ayu

  • Proses pertama, kocok telur terlebih dahulu lalu masukkan gula pasir dan emulsifier. Kocok hingga mengembang dengan sempurna.
  • Masukkan garam, vanili secukupnya dan tepung terigu kemudian aduk hingga benar – benar tercampur dengan rata sempurna. Sekarang masukkan kedalam adonan telur kocok yang telah mengembang perlahan – lahan untuk mencegah gumpalan adonan, aduk terus.
  • Sekarang masukkan pasta pandan dan pastinya santan yang kental perlahan – lahan, aduk hingga tercampur merata.
  • Terakhir, ambil cetakan dan kemudian olesi cetakan dengan minyak goreng agar tidak lengket. Isi kelapa parut, padatkan. Sekarang tuangkan adonan kue, susun dan saatnya mengukus.
  • Selanjutnya panaskan panci yang berisi air di dalamnya, masukkanlah kue – kue tersebut, kukus hingga adonan matang dengan kurun waktu 15 s/d 20 menit lamanya. Angkat kemudian lepaskan cetakan, hidangkan. Jangan lupa sajikan kopi hangat untuk suami ya guys...

Baca juga: cara membuat kue putu bambu

Bagaimana bunda, setelah membaca resep cara membuat kue putri ayu di artikel terbaru menu resep kue kali ini? Jadi ingin mencobanya bukan? Langsung saja jika ingin mencobanya, persiapan awal adalah mengumpulkan bahan - bahannya dan kemudian langsung dipraktekkan caranya, mudah bukan? Nah saatnya admin istirahat dulu, besok admin akan berbagi dengan resep kue yang tak kalah lezatnya untuk kalian semua. Jangan lupa berlangganan artikel menu resep kue melalui email, gratis loh. Atau bagikan artikel ini ke teman - teman kamu yang lainnya, selamat mencoba.